PENGKAJIAN
DAN PEMBAHASAN MATERI UN YANG SULIT DIKUASAI SISWA
A. UNTUK READING SKILLS
1. INFORMASI TERSIRAT
· Apa itu informasi tersirat?
Informasi tersirat dalam teks adalah
informasi yang diperoleh sebagai hasil kesimpulan pembaca berdasarkan clue-clue
dalam teks seperti kata, bilangan, ungkapan, kalimat, dan lain-lain.
· Bagaimana menemukan informasi tersirat
daam teks?
Misalkan ada sebuah pertanyaan: What is Mr.
Aldi like? (Pak Aldi itu seperti apa orangnya?). Bila kita mencari jawaban soal
ini dalam teks dan ternyata tidak ada jawabannya secara jelas, maka sebaiknya
kita “mencurigai” pertanyaan itu menanyakan informasi tersirat dalam teks.
Setelah itu barulah kita mencari clue-clue yang tepat dan berdasar clue-clue
itu kita simpulkan informasi apa yang hendak disampaikan si penulis.
Misalkan teks yang dibaca diantaranya memuat
kalimat-kalimat yang kita “curigai” sebagai clue-clue
sebagai berikut:
“ This is Anggora ……… He always makes people
laugh. People always wait for his program. ………………..”
Kalimat pertama: This is Anggora, belum
menjadi clue. Demikian juga kalimat: People always wait for his program. Tetapi
berdasarkan kalimat: He always makes people laugh, kita dapat menyimpulkan
bahwa Anggora itu lucu orangnya. Misal pertanyaan lengkap soal pertanyaan di atas
sebagai berikut:
What is Mr. Anggora like?
A. Kind
B. Funny
C. Serious
D. Clever
Bila
kita baca jawaban di atas jelas bahwa jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas
adalah B
· Informasi tersirat apa saja yang
ditanyakan dalam UN?
Selain aneka informasi berdasarkan clue-clue
dalam teks, bisa juga yang ditanyakan tujuan komunikatif teks. Untuk mengetahui
ini kita perlu memahami struktur teks dan bagaimana ide dalam teks itu
diorganisir (langkah retorika). Misalkan bila teks itu ber struktur orientation, events dan diakhiri dengan comment,
maka teks itu merupakan teks recount dan tujuan komunikatifnya adalah to retell one’s past experience.
2. INFORMASI RINCI TERSURAT
· Apa itu informasi rinci tersurat?
Informasi rinci tersurat dalam teks adalah
informasi yang tertera atau terdapat dalam teks tapi untuk mencarinya perlu
membaca teks secara seksama. Biasanya informasi ini tercecer di sana sini dan
kita harus mengumpulkannya. Ciri khas pertanyaan ini di antaranya memakai kata
tanya why.
Selain itu ada pula pendapat lain yang
terkait dengan informasi jenis ini. Misalkan ada kalimat yang berbunyi semalam
saya pergi ke Bogor. Informasi ke Bogor naik apa, dengn siapa dan mengunjugi
siapa menjadi informasi rinci.
· Bagaimana menemukan informasi rinci
tersurat dalam teks?
Untuk menemukan informasi ini tentu saja kita harus memahami pertanyaannya
terlebih dahulu.Misal pertanyaan itu memakai kata tanya why, maka kita perlu
membaca kalimat-kalimat dalam teks yang merupakan alasan dari pertanyaan
tersebut yang tempatnya bisa jadi berada di kalimat lain atau paragraph lain.
Misal:
Why are native animals in danger of
extinction?
However, the greatest threat to native
animals is posed by human beings. Although the hunting of some native animals
by people is now illegal, as the population grows and residential areas
increasingly take the place of bushland, natural food resources are destroyed.
As a result, native animals are faced with extinction.
· Informasi rinci tersurat apa saja yang
ditanyakan dalam UN?
Untuk menghadapi UN nanti ada baiknya bila
informasi jenis ini disikapi juga dengan menyiapkan informasi tertentu sebagai
bagian dari jenis ini.
informasi tertentu adalah informasi tentang
apa, siapa, dimana dan bagaimana yang dapat dengan mudah ditemukan dalam teks.
Misal:
1. How
far is Kasuarina cape from Sorong town?
2. What
is the cape good for?
Named after the big casuarina trees
which grow in the area, Kasuarina cape is just two kilometers from Sorong town
on the Bird’s Head peninsula of northern Papua. It is good for swimming and
recreation.
3. MENENTUKAN ARTI KATA/FRASA/KALIMAT.
· Apa itu arti kata?
Yaitu maksud yang terkandung di dalam suatu
kata , atau kalimat.(Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Ciri khas pertanyaan arti kata ini sbb:
a. “It
is weird”
What does the word “weird” in the sentence
mean?
b. “It’s
weird.”
The word “weird” means … .
c. “It’s
weird.”
The word “weird” is similar in meaning to …
.
· Bagaimana menemukan arti kata dalam
teks?
Kata dalam bahasa Inggris bisa mempunyai beberapa
arti. Coba perhatikan contoh berikut dan tebak apa arti kata love pada masing-masing kalimat:
a. I love watching old movies on TV.
b. Young children need unconditional love.
c. Music was his greatest love
but he also liked ballet.
d. The score of the game was two love.
Tentu saja arti kata love di atas berbeda-beda satu sama lain. Hal ini tergantung pada context dan cotexnya. Makna kata love pada kalimat terakhir pasti bukan
cinta karena tidak cocok dengan baik konteks maupun cotextnya. Karena terkait
dengan olah raga dan lebih khusus lagi terkait pada score olah raga bisa
ditebak kalau arti kata love itu adalah kosong (zero) bukan sama apalgi cinta.
Jadi untuk menentukan arti kata mana yang tepat sangat tergantung pada konteks
dan cotextnya.
· Arti kata apa saja yang ditanyakan
dalam UN?
Suatu kata bisa memiliki arti konotasi dan
denotasi. Terkait dengan arti kata ini dulu siswa sering dihadapkan pada pertanyaan
tentang synonym dan antonym suatu kata. Untuk menghadapi UN
nanti ada baiknya bila kita hanya memfokuskan pada arti dan synonym kata saja, seperti yang
dicontohkan di atas.
4. MENENTUKAN NILAI MORAL TEKS
· Apa itu nilai moral teks?
Dalam bahasa Inggris ada teks yang memang
dengan sengaja di tulis dengan tujuan untuk mengajarkan nilai-nilai moral
terentu. Tes yang dimaksud adalah teks berbentuk narrative. Namun demikian perlu dipahami bahwa tidak semua teks
narrative memuat pengajaran nilai moral.
Ciri khas pertanyaan tentang nilai moral ini
adalah diantaranya:
a. What
is the moral value of the text?
b. What
moral value can you learn from the text?
c. What
do you learn from the text?
·
Bagaimana
menentukan nilai moral suatu teks narrative?
Nilai moral suatu teks dapat dipahami dari
kalimat-kalimat yang digunakan dalam teks dan biasanya kalimat itu menunjukkan
perbuatan-perbuatan yang patut diteladani orang.
Namun demikian bisa juga terjadi tidak menunjukkan
secara langsung sehingga kita mesti menarik suatu kesimpulan nilai moral apa
yang hendak disampaikan.
Read the text and answer the question.
One
day, a man who made his living tricking people stopped a good woman on the
road.
“Who
are you?” asked the woman. “Where do you come from?”
“I
fell from the sky?” The man replied
craftily.
“Oh
really.” The woman’s face lit up. “Then maybe you have met my husband. He
died last year.”
“Certainly
I know him, but he is not doing very well. He hasn’t found a job yet and he
hasn’t got enough food to eat or enough clothes to wear.”
“The
poor man!” cried the woman. “If I give you some clothes, can you take them up
to him?”
“No,
I’m sorry but it’s forbidden to take clothes into paradise,” replied the man.
“But I think I can manage to smuggle some money to him. Nobody would find a little money bag hidden
in a pocket.”
“Oh,
thank you, then please take this. It’s all my savings,” The woman gave the
man a little pile of money. She was so grateful to him for doing her such a
kind service.
“Well,
who would have thought”, she kept repeating, “that in paradise my husband
would be lacking even the bare necessities.”
|
What is the moral value that you can
learn from the story?
a. Good
people deserve good rewards.
b. Tricky
people often deceive the stupid ones.
c. There
is life that people have after their death.
d. Do not be a bad man for you can hurt people’s
feeling.
B. UNTUK WRITING SKILLS
1. Melengkapi teks dengan kata-kata yang
tepat.
Salah satu bentuk kemampuan menulis yang
diuji dalam UN adalah kemampuan menentukan kata yang tepat untuk melengkapi
suatu paragraph/ bacaan rumpang. Soal seperti ini dikenal dengan cloze test.
·
Apa
itu cloze test?
A test of comprehension and
grammar in which a language student
supplies appropriate missing words omitted from a text. Microsoft® Encarta®
2008.
Bentuk cloze test dalam UN tentu saja tidak
mesti sama seperti cloze test murni dimana biasanya kata yang dihilangkan dalam
cloze test pada kata ke n tertentu.
Kata yang dihilangkan dalam UN hanya kata-kata tertentu yang memang ingin diuji
penggunaannya dalam teks.
·
Kata
apa saja yang akan diujikan penggunaannya?
Kata-kata yang akan diuji meliputi:
noun (baik bentuk tunggal maupun jamaknya), Pronoun(s)
dengan segala bentuknya baik sebagai subjek maupun objek, verb dengan segala
bentuknya yang meliputi tenses untuk
siswa SMP, adverb misalanya bentuk adverb of manner, conjunction baik yang ordinate maupun subordinate, adjective dan preposition.
·
Bagaimana
menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks?
Misal:
Choose
the best words to complete the text.
The biggest dolphins are
killer whales (also called orcas). A killer whale can …(21) to 32 feet (9.8
meters) long and weigh more than 12,000 pounds (5,400 kilograms). The …
(22) is the tucuxi dolphin, which grows
about 4 feet (1.2 meters) long and weighs about 110 pounds (50 kilograms).
Common dolphins and bottlenose dolphins are the kinds of
dolphins you might see at a zoo or aquarium. Out in the ocean, spinner dolphins
do flips and spins as … (23) leap through the air.
Most dolphins live in oceans and seas all over the world.
A few kinds of dolphins, called river dolphins, live in the fresh water of
rivers.
21.
a. develop b.
grow c.
raise d. go
22.
a. biggest b.
widest c.
longest d. smallest
23.
a. it b. its c. they d. them
Contoh
pembahasan no 21:
Dengan memperhatikan kata dolphin, 32 feet ..long, 12,000 pounds
(5,400 kilograms) kita dapat menentukan bahwa kata-kata itu terkait dengan
pertumbuhan dolphin (grow) bukan aktivitas perginya dolphin (go), atau bangkitnya
(raise). Kata develop walaupun maknanya bisa sesuai tapi tidak cocok untuk
dipakai pada binatang ikan. Dengan demikian jawaban soal ini adalah B.
Berdasarkan contoh di atas jelas bahwa
untuk dapat menjawab soal ini, siswa harus memahami topic, vocabulary, pola kalimat dan idea organization. Khusus pada kalimat bagian kalimat mana yang diujikan apakah kata
pada posisi subjek, predikat atau objek. Bentuk kata yang manakah yang tepat
dalam masing-masing posisi. Misal untuk no 23, bagian kata yang dihilangkan
adalah kata sebagai subjek. Kata ganti yang tepat untuk posisi ini adalah they bukan them. Kata ganti it
walaupun bisa dalam posisi subjek tapi tidak dapat dipakai karena tidak cocok dengan
kata yang dirujuknya serta dengan kata kerja leap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar